Selamat Datang Ke Blog Rasmi PRS Sekolah Menengah Kebangsaan Pendeta Za'ba

Monday 11 June 2012

NLP


Istilah “Neuro-linguistic Programming” atau biasa disingkat NLP dipilih dan diperkenalkan pertama kali oleh para pendirinya yaitu Richard Bandler dan John Grinder sebagai bentuk ekspresi keyakinan mereka tentang adanya hubungan erat antara proses neuro-logical, bahasa (linguistik), dan pola perilaku tertentu. Hubungan yang erat ini dapat dikelola dan di-“manipulasi” untuk mencapai suatu tujuan khusus dalam hidup.
Ketiga komponen yaitu neuro, linguistik, dan programming memiliki peran vital dalam menghasilkan pengalaman manusia. Sistem neurological mengatur bagaimana tubuh kita berfungsi, bahasa menentukan bagaimana kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, program menentukan jenis model dunia yang kita ciptakan. Singkatnya, NLP menjelaskan dinamika fundamental antara pikiran (neuro) dan bahasa (linguistik), serta bagaimana keduanya mempengaruhi tubuh dan perilaku kita (programming).
Sesungguhnya, tidak ada definisi baku mengenai NLP kecuali berbagai pernyataan dari para pendiri maupun praktisi NLP, berikut ini adalah beberapa diantaranya:
“NLP adalah sebuah model yang sangat eksplisit dan powerful yang berkaitan dengan komunikasi dan pengalaman manusia. Dengan menggunakan prinsip-prinsip NLP kita dapat menjelaskan segala aktivitas manusia melalui suatu cara yang rinci sehingga memungkinkan kita menciptakan perubahan yang mendasar dan bertahan lama dengan cepat dan mudah” –  Steve Andreas, pengarang buku “Frogs into Princes”
“NLP adalah sebuah sikap dan suatu metodologi yang meninggalkan suatu jejak berupa teknik-teknik” – Richard Bandler, co-founder NLP
“NLP adalah suatu sikap yang harus dijalankan dengan rasa ingin-tahu, dengan keinginan untuk mengetahui berbagai hal, keinginan untuk mampu memengaruhi berbagai hal, serta keinginan untuk mampu memengaruhi hal-hal tersebut melalui suatu cara yang pantas” – Richard Bandler, co-founder NLP, dalam bukunya “Using Your Brain for a Change: Neuro-linguistic Programming”
“NLP adalah kajian mengenai struktur dari pengalaman subjektif” – Robert Dilts, NLP University
“NLP adalah suatu strategi pembelajaran yang dipercepat untuk pendeteksian dan pemanfaatan berbagai pola (perilaku manusia) di dunia” – John Grinder, co-founder NLP

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...